Setting Service Mode TV SHARP adalah sbb:











  1. Posisikan TV dalam keadaan OFF ( Mati )
  2. Pasang IC MEMORY yang baru biasanya masih kosong solder dengan hati-hati pada chasis tv ,
  3. Untuk Service Mode ON Jumper dilokasi  J122 dan J124
  4. Setelah selesai nyalakan TV, tunggu sebentar TV dihidupkan untuk pertama kali dengan IC memory yang baru akan terjadi proses loading dan writing .........
  5. Buka Jumper dilokasi  J122 dan J124 setelah semuanya selesai
/*-+  =================================================================  +-*/ 


 Setting  Service mode TV Polytron adalah sbb:









  1. Standby dulu
  2. Tekan dan tahan tombol menu yang ada di remote
  3. akan mucul dilayar dan meminta Pass word
  4. Untuk adjustment no 1013
  5. Untuk setting no 1014
  6. Dan untuk mengembalikan ke stting default adalah 3101
/*-+  =================================================================  +-*/ 


Mencari kerusakan karena TV protek

Contoh titik protek berpusat di IC program


Sebab-sebab TV protek diantaranya adalah sbb:
  1. Voltage pada titik protek kurang dari teg B+ ( IC Program )
  2. Voltage drop pada 180 Volt, ABL, 115 Volt, Bagian vertikal 40 Volt, Vert 15 Volt, sound (+) , 5 Volt & 8 Volt
  3. Vol tage di bagian Heater Up atau Down Apabila heater naik tegangan lolos melalui dioda Zener D10 dan mengirim umpan basis TR untuk menurunkan tegangan protek
  4. Volatge heater turun Dioda D9 akan menurunkan teg protek
  5. Voltage di 3.3 Volt naik dan masuk ke Zener D12







Contoh titik proteksi berpusat di oscilator


Titik protek beban horizontal
Ic Osilator  akan terprotek apabila ada beban berlebihan pada bagian horizontal
Transistor jenis pnp akan mengirim teg positip ke ic osc karena ada perbedaan tegangan di B+ power suply dengan B+ plyback.


Melacak bagian yang menyebabkan tv terprotek

  • Cari salah satu titik protek
  • Lacak jalur dan temukan titik protek yang lain Sampai ke pusat titik protek, bisa berpusat di IC program / IC Oscilator Horizontal
  • Potong satu persatu titik protek
  • Hidupkan TV, jika  masih protek, lanjutkan pemotongan. sampai ke pusat titik protek
  • jika pemotongan sampai ke titik pusat masih protek, kemungkinan kerusakan ada di IC program atau IC Memory
Harus diperhatikan !!
  • Jangan memotong clock / data
  • Jangan menghidupkan TV anda terlalu lama dalam keadaan protek terpotong
  • Untuk TV proyektor Kabel HV tabung harus di lepas karena bisa mengakibatkan cacat tabung
  • Untuk TV plasma / LCD memory Di backup dulu Karena ada beberapa merek yang 3 /10 kali protek langsung lock
Semoga berhasil ..............


/*-+  =================================================================  +-*/ 

TV SHARP Wonder / Universe rusak standby

Kasus standby pada Televisi SHARP sering sekali terjadi, hal ini disebabkan sistem proteksi dari TV nya itu sendir

Mungkin Tips ini bermanfaat untuk anda:
Kendala lampu power menyala hijau setelah itu kembali merah lagi, 
  • Cek protek heater biasanya berupa resistor zener dan transistor [biasanya lokasi berada di dekat flyback khususnya heater]
  • Cek juga flyback karena sering sekali short B+
  • Cek IC vertikal
Di hidupkan lampu power  langsung menyala merah
  • Cek transistor horisontal
  • Cek protek tr driver
  • Cek ic program biasanya sangat panas
  • Semoga ada manfaatnya.  
 /*-+  ================================================================  +-*/

Global Positioning System ( GPS )

Global Positioning System (GPS) adalah satu-satunya sistem navigasi satelit yang berfungsi dengan baik. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi. Sinyal ini diterima oleh alat penerima di permukaan, dan digunakan untuk menentukan posisi, kecepatan, arah, dan waktu. Sistem yang serupa dengan GPS anatara lain GLONASS Rusia, Galileo Uni Eropa, IRNSS India.
Sistem ini dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, dengan nama lengkapnya adalah NAVSTAR GPS (kesalahan umum adalah bahwa NAVSTAR adalah sebuah singkatan, ini adalah salah, NAVSTAR adalah nama yang diberikan oleh John Walsh, seorang penentu kebijakan penting dalam program GPS).[1] Kumpulan satelit ini diurus oleh 50th Space Wing Angkatan Udara Amerika Serikat. Biaya perawatan sistem ini sekitar US$750 juta per tahun,[2] termasuk penggantian satelit lama, serta riset dan pengembangan.




Sebuah receiver GPS “mengetahui” lokasi dari satelit-satelit, karena informasi itu terdapat pada pancaran satelit. Dengan memperkirakan berapa jarak satelit, receiver juga mengetahui letaknya di suatu tempat pada permukaan lingkaran imajiner yang titik pusatnya adalah satelit, yaitu dengan memperhitungkan beberapa lingkaran, satu untuk tiap satelit. Lokasi receiver adalah tempat lingkaran ini teriris (intercept).


Keakuratan GPS
Keakuratan memperkirakan posisi dengan GPS bergantung pada tipe receiver. Mayoritas GPS hand-held (genggam) memiliki keakuratan 10-20 meter. Tipe lain dari receiver menggunakan metode differential GPS (DGPS) untuk memperoleh keakuratan yang lebih tinggi. DGPS membutuhkan tambahan receiver fixed pada lokasi terdekat yang telah diketahui koordinatnya. Observasi yang dihasilkan stationary receiver digunakan untuk mengoreksi posisi yang terekam oleh unit yang bergerak, menghasilkan keakuratan lebih besar dari 1 m.


Ketika sistem navigasi ini dibuat, timing error dimasukkan ke pancaran sinyal GPS untuk membatasi keakuratan Receiver GPS nonmiliter, yaitu sekira 100 meter. Bagian dari operasi GPS ini disebut Selective Availability, kemudian pada akhirnya hal ini dihilangkan.


Menggunakan data


Sebelumnya kita melihat fungsi paling penting dari GPS adalah untuk mendapat sinyal dari sedikitnya empat satelit dan mengombinasikan informasi dalam sinyal tersebut dengan informasi pada almanak elektronik, yaitu untuk menggambarkan lokasi GPS di bumi.

Apabila GPS telah menghitung seluruh informasi, Anda dapat mengetahui ketinggian, garis lintang dan garis bujur posisi saat menggunakannya. Untuk navigasi lebih mudah digunakan pengguna, kebanyakan dari GPS memiliki data yang dimasukkan ke dalamnya berupa file-file peta yang tersimpan dalam memori.

Anda dapat menggunakan memori GPS ini, menghubungkannya dengan komputer yang memiliki peta yang lebih detail atau membeli peta detail yang Anda inginkan dan menemukan jalur menggunakan bacaan koordinat lintang dan bujur pada GPS. Beberapa GPS dapat men-download peta detail ke dalam memori atau menambahkan melalui plug in peta simpanan.

GPS yang standar tidak hanya menunjukkan lokasi pada peta, tapi juga meninggalkan jejak pada jalur yang anda lewati pada peta. Apabila GPS dibiarkan menyala dan mengubah lokasi, GPS tetap berhubungan dengan satelit dan akan terlihat lokasi berubah. Dengan informasi ini, GPS akan memberikan beberapa informasi yang berharga, yaitu berapa jarak yang ditempuh, lama perjalanan, kecepatan berjalan, kecepatan rata-rata, titik-titik pada peta yang menunjukkan tempat yang telah dilalui, perkiraan waktu kedatangan di tempat tujuan. Untuk memperoleh informasi ini tentunya harus memasukkan data kordinat tujuan, yang juga merupakan kemampuan GPS, memasukkan data lokasi.***


Leave a Reply

preload preload preload